Internet Tercepat Dimulai di AS

quantum internet digital

Jakarta – Generasi berikutnya dari layanan Internet berkecepatan tinggi, perangkat tablet, smartphone, dan mobile gadget lainnya datang lebih cepat dari yang diharapkan.

Dua perusahaan komunikasi terbesar AS, AT & T Inc dan Verizon Wireless berencana mempercepat jaringan mereka dan menyuguhkan perangkat canggih untuk konsumen saat musim liburan ini dengan menggandeng mitra kerja seperti Motorola Inc, Samsung Electronics, dan LG Electronics.

AT & T berencana menambah kecepatan menjadi tiga kali lipat untuk layanan Internet di rumah, dan dua kali lipat pada jaringan nirkabel, sementara Verizon Wireless telah siap meluncurkan ponsel berkecepatan tinggi lebih awal dari yang dikira sebelumnya.

“Kami masih memiliki banyak sekali kesempatan dalam nirkabel,” kata John Stankey, kepala operasi AT & T yang mengabaikan saran beberapa analis telekomunikasi bahwa hari pertumbuhan eksponensial industri telah berakhir.

“Kami di urutan terdepan siklus pertumbuhan (10 tahun) ponsel saat ini,” katanya dalam Reuters Global Technology Summit di New York pada Jumat.

Sementara operator nirkabel harus tergantung pada layanan data untuk pertumbuhan, karena kebanyakan orang sudah memiliki ponsel, Stankey melihat peluang dalam aplikasi bisnis. Ketika industri menambahkan koneksi nirkabel untuk perangkat mereka, seperti perangkat medis dan sistem keamanan, setiap bisnis vertikal pada akhirnya bisa menghasilkan 1 milyar pendapatan setahun, katanya.

Stankey mengumumkan di KTT bahwa AT & T akan bisa memiliki dua kali lipat kecepatan layanan data nirkabel pada pasar yang mencakup lebih dari 250 juta pengguna pada kuartal keempat, menggunakan teknologi yang dikenal sebagai HSPA Plus.

Upgrade itu membutuhkan tambahan investasi beberapa juta dolar, sebuah “kesalahan pembulatan” dibandingkan jumlah modal yang dihabiskan AT & T yang meningkat menjadi 19 miliar dolar untuk 2010, katanya.

AT & T juga berencana menggelar sidang broadband pada Juni yang memungkinkan berselancar Web dengan kecepatan 80 megabit perdetik (mbps), jauh di atas batas saat ini 24 mbps dan melebihi 50 mbps layanan yang ditawarkan Verizon Communications Inc.

Jika tes itu berhasil maka layanan komersial akan dimulai awal tahun depan, kata Stankey.

Teknologi LTE

Sementara itu, Verizon Wireless sedang membangun jaringan berkecepatan tinggi yang berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE).

Perusahaan Verizon Communications dan Vodafone Group Plc akan menawarkan LTE ke basis pelanggan potensial dari 100 juta orang di 25 hingga 30 negara wilayah pemasaran, termasuk New York City akhir tahun ini, menurut CEO Verizon Wireless Lowell McAdam.

McAdam juga memaparkan rencananya meluncurkan berbagai perangkat baru dimulai dengan perangkat tablet untuk menyaingi iPad-nya Apple Inc.

Ia berencana menjual sebagian besar gadget yang menggunakan perangkat lunak Google Android Inc pada kuartal keempat.

“Tidak ada alasan kami tidak bisa memiliki (perangkat seperti) iPad,” kata McAdam sembari menambahkan bahwa perangkat tablet pertamanya akan menggunakan perangkat lunak Android dari pesaing Motorola, Samsung, dan LG.

Verizon Wireless juga berencana menjual lima ponsel LTE pada Mei mendatang, lebih cepat dari perkiraan beberapa analis. McAdam mengatakan Motorola, HTC Corp, LG, dan Research in Motion bisa berlari di depan.

Verizon sudah menjual ponsel pintar HTC Droid Incredible karena melihat penjualan lebih kuat dari yang diharapkan. McAdam mengatakan kekurangan pada layar buatan Samsung telah menyakiti kemampuan perusahaan mempertahankan permintaan yang kuat.

Selain telepon, jaringan nirkabel AS juga mendorong teknologi komputer di mana saja.

Pembaruan AT & T HSPA Plus pertama kali ditujukan untuk pengguna laptop dan memberi mereka dua kali lipat kecepatan download untuk menonton video dan aplikasi bandwidth-berat lainnya.

Stankey mengatakan belum jelas kapan telepon kompatibel HSPA-plus akan ada di pasaran atau apakah vendor akan fokus pada teknologi saingannya, LTE, Reuters melaporkan.

Dia mengatakan AT & T menghabiskan waktu lebih saat ia harus meningkatkan kemampuan jaringannya yang telah diserap oleh jumlah pengguna iPhone yang tinggi.

Stankey mengatakan, pasar seperti New York dan San Francisco, dimana jaringan berada dibawah tekanan besar, harus segera diatasi dengan baik di seluruh wilayah akhir musim panas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar